iklan

Kacer yang habiskan 50 ekor jangkrik setiap mau lomba ini ditawar 80 Juta

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Kicaumania senior ini sudah aktif mengikuti lomba burung kicauan sejak SMA. Hanya saja, mainnya lebih sering di wilayah Pati saja. Ketika kuliah di Jogja, kegemarannya terhadap burung kicauan kian menjadi- jadi.

Sudah banyak gaco hebat yang diorbitkannya, termasuk kacer Mahadewa. Burung ini diperolehnya dari Om Agus Galing (Rembang). Dia tertarik meminang Mahadewa, karena memiliki keunggulan pada irama lagunya yang kasar, ditunjang roll panjang dan tembakan-tembakan tajam.
Pilihannya memang tak keliru. Berbagai even kerap dimenanginya. Kemenangan hattrick lebih dari 10 kali, bahkan Om Herumulya sudah tidak bisa menghitung lagi prestasi double winner yang diraih jagoan ini.
Bahkan Mahadewa pernah mencetak quattrick dalam even Purworejo Cup. Kemenangan hattrick antara lain diraihnya dalam gelaran JNC-F Cup di Juwana dan Latpres Blora Utara, kemudian double winner di Natural OB Cup dan Casanova Cup.
Tidak mengherankan, banyak rekan-rekan pemain dari berbagai daerah berminat meminangnya. Sejauh ini, nilai pinangan tertinggi yang pernah ditawarkan kepadanya adalah Rp 80 juta. Tetapi Om Herumulya masih sayang terhadap Mahadewa, sehingga belum berniat melepasnya. “Kecuali kalau ada penawaran yang luar biasa, bisa saya pikirkan,” ungkapnya.
Perawatan harian dan setelan lomba kacer Mahadewa
Untuk perawatan hariannya, Mahadewa rutin diembunkan mulai subuh sampai pukul 07.00, dilanjutkan mandi, dan dijemur hingga pukuk 09.00.
Setelah dijemur, burung dimasukkan ke kandang umbaran (polier) hingga sore hari. Menjelang petang, Mahadewa dikembalikan ke sangkar hariannya, dikerodong penuh, dan disimpan di dalam rumah.
Untuk pakan utama, Om Herumulya mengandalkan voer merek Chirpy. Adapun pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik, masing-masing 5 ekor pada pagi dan sore hari.
Jika burung mau dilombakan, maka sehari sebelumnya (H-1) diberi jangkrik sekenyangnya. Dalam sehari, kacer Mahadewa bisa menghabiskan 50 ekor jangkrik. Selain itu, kacer dikerodong full seharian penuh.
Pada Hari-H, porsi jangkrik dikembalikan seperti biasanya (perawatan harian), yaitu lima ekor sebelum berangkat ke lapangan. Menjelang naik gantangan, Mahadewa diberi 10 ekor ulat hongkong.
Perawatan harian dan setelan lomba kacer Mahadewa ini tentu tidak bisa diterapkan persis pada kacer-kacer lainnya, sebab semuanya mesti disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan burung.
semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kacer yang habiskan 50 ekor jangkrik setiap mau lomba ini ditawar 80 Juta"

Posting Komentar